Mulfachri soal Isu DPD PAN Ditekan untuk Dukung Zulhas: Itu Rumor, tapi...

Mochamad Zhacky - detikNews
Minggu, 08 Des 2019 16:37 WIB
Mulfachri Harahap (Lamhot Aritonang/detikcom)
Mulfachri Harahap (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Waketum PAN Mulfachri Harahap mengaku mendengar informasi perihal intervensi kubu Zulkifli Hasan (Zulhas) kepada DPD-DPD terkait pemilihan ketua umum (ketum). Mulfachri menyebut informasi soal intervensi kubu Zulhas baru sebatas rumor.

"Kalau soal tekan menekan saya mendengar itu. Tapi saya bukan dalam kapasitas yang bisa menjelaskan karena bukan saya yang ditekan. Tapi itu baru rumor. Tapi rumor itu tidak akan terjadi kalau tidak ada asbabun nuzul-nya (sebabnya)," kata Mulfachri kepada wartawan, Minggu (8/12/2019).



Mulfachri menuturkan dinamika politik yang muncul menjelang kongres tidak bisa dihindari. Namun, menurutnya, PAN terbiasa mengatasi dinamika yang terkadang di luar kendali itu.

"Saya kira dalam setiap proses kongres, munas kalau di partai lain, memang kadang-kadang dinamika yang terbangun sedikit di luar kendali. Tapi percaya, kami di PAN punya tradisi yang cukup panjang dan proven dan bisa me-manage damage," jelasnya.



Anggota DPR RI itu kemudian menyinggung soal pemilihan Ketum PAN pada 2015. Pada saat itu acara pemilihan Ketum PAN juga sempat 'panas'.

"Anda bisa lihat bagaimana partai kami bisa mempertontonkan proses yang dinamis. Kami pada akhirnya bisa me-manage kontestasi ketika itu," sebut Wakil Ketua Komisi III DPR itu.