Korupsi APBD Rp 24 Miliar, Eks Bupati Kolaka Dijebloskan ke Penjara

Rivki - detikNews
Minggu, 08 Des 2019 12:28 WIB
Foto: Buhari Matta (memakai kopiah) saat hendak dijebloskan ke penjara (ist.)
Foto: Buhari Matta (memakai kopiah) saat hendak dijebloskan ke penjara (ist.)
Soppeng - Eks Bupati Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) Buhari Matta ditangkap dan dijebloskan ke penjara. Buhari dihukum 4,5 tahun penjara karena terbukti korupsi APBD Rp 24 miliar.

"Terpidana diamankan di rumah kediaman terpidana di Soppeng, Sulawesi Selatan, Sabtu (7/12. Selanjutnya terpidana dibawa ke Makassar untuk dilakukan eksekusi pidana badan di Lapas Makassar pada pukul 23.00 WITA," kata Kasipenkum Kejaksaan Agung, Mukri kepada wartawan, Minggu (8/12/2019).

Buhari dihukum berdasarkan Putusan Mahkamah Agung Nomor 755k/Pid.Sus/2014. Ia dihukum dalam jual beli nikel kadar rendah antara Pemkab Kolaka dengan PT Kolaka Mining Internasional, yang menyebabkan kerugian negara Rp 24 miliar. Oleh sebab itu, Buhari dijatuhi hukuman 4,5 tahun penjara serta denda sebesar Rp 500 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan.

Pemilik PT Kolaka Mining Internasional, Atto Sakmiwata Sampetoding lebih dulu ditangkap saat masuk ke Kuala Lumpur, Malaysia dan ditahan otoritas setempat pada akhir November 2019. Imigrasi Indonesia bersama Kejaksaan Agung langsung menjemput Atto dan memulangkan ke Indonesia untuk dijebloskan ke penjara.


Selanjutnya
Halaman
1 2