Bima Arya Yakin Tak Ada Intervensi Kubu Zulhas soal Pencalonan Ketum PAN

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 17:44 WIB
Bima Arya dan Asman Abnur (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya meyakini tak ada tekanan atau intervensi kepada siapapun terhadap pemilihan ketum nanti, baik dari internal maupun pihak luar partai.

"Saya kira tidak ada tekanan. Jadi begini, ya, kalau bilang ada tekanan ada intervensi dan sebagainya. Saya kira nggak," ujar Bima di sela Rakernas PAN di Hotel Millennium, Jl Fachrudin, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12/2019).

Pernyataan Bima Arya ini menyusul rumor intervensi kepada DPD-DPD PAN untuk memilih kembali petahana ketum, Zulkifli Hasan. Wali Kota Bogor ini menegaskan PAN bisa melewati proses demokrasi partai yang dinamis.


"Sejarah mencatat Kongres PAN ini tidak ada intervensi dari luar. Kader PAN sendiri yang menentukan kader PAN ini intelek dan sangat sudah tercerahkan, jadi Insyaallah prosesnya dinamis dan demokratis," sebut Bima Arya.

Salah satu kandidat caketum PAN itu pun tak yakin ada aklamasi pemilihan ketum dalam kongres yang rencananya akan digelar awal 2020 nanti. Sebab, kata Bima Arya, ada cukup banyak kandidat yang akan mengikuti persaingan memperebutkan kursi PAN-1.

"Menurut saya kecil kemungkinan aklamasi karena banyak kandidat," tuturnya.


Hal senada disampaikan bakal caketum PAN lainnya, Asman Abnur. Dia meyakini para pengurus provinsi hingga daerah sudah bisa bersikap dewasa terhadap proses demokrasi.

Asman sebelumnya juga menyebut tak ada intervensi dari kubu manapun kepada para DPD. Hal tersebut terbukti dari hangatnya sambutan pengurus daerah PAN saat dirinya bersilaturahmi dalam rangka mencari dukungan.

"Jadi suara-suara itu aja dari DPD dan DPW. Mereka sudah sangat dewasa di dalam menentukan pilihannya. Jadi tekanan-tekanan itu tidak akan mempengaruhi pilihan mereka," tutur Asman.
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2