Lagi, Damkar Evakuasi 4 Sarang Tawon Vespa di Makassar

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 23:39 WIB
Petugas Damkar mengevakuasi sarang tawon Vespa di Makassar. (Taufik/detikcom)
Petugas Damkar mengevakuasi sarang tawon Vespa di Makassar. (Taufik/detikcom)
Makassar - Tim Animal Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar kembali mengevakuasi empat sarang tawon Vespa di Makassar, Sulawesi Selatan. Keberadaan sarang tawon di sekitar permukiman itu membuat warga khawatir terkena sengatan yang bisa mematikan.

Wakil Komandan Peleton III Damkar Makassar Ramli Nur, yang memimpin proses evakuasi sarang, mengatakan timnya bergerak sejak pukul 21.00 Wita, Jumat (6/12/2019). Tim memulai operasi penanggulangan sarang tawon berbahaya di Jalan Barawaja Lorong 2, Kecamatan Panakkukang.

"Kami menyemprot sarang tawon yang berada di tangkai pohon menggunakan air dan foam. Setelah sarang tawon jatuh ke tanah, langsung kami masukkan ke dalam karung," ujar Ramli.


Setelah 30 menit menuntaskan sarang tawon di rumah pelapor bernama Iksan, pasukan Damkar yang berjumlah tujuh personel bergerak ke lokasi kedua di Jalan Urip Sumoharjo Lorong 501 No 10, Kelurahan Karampuang, Kecamatan Panakkukang.

Setelah penanganan di lokasi kedua yang dilaporkan warga bernama Boyong Langke selesai, tim Damkar ke lokasi selanjutnya di Jalan Paccinang Raya 5, Kelurahan Tello Baru, Kecamatan Panakkukang.


Sementara itu, di lokasi terakhir, Kompleks Taman Makassar Indah, Jalan Tamangapa Raya 3, tim mengevakuasi sarang tawon di halaman rumah Idrus Taba sekitar pukul 23.50 Wita.

Selama dua pekan terakhir, tim Animal Rescue Damkar Makassar telah menangani lebih dari 30 laporan sarang tawon Vespa. Warga Makassar kini makin gencar melaporkan keberadaan sarang tawon kepada Damkar setelah kejadian tewasnya pasangan suami-istri di Pemalang, Jawa Tengah, karena disengat tawon Vespa. (tfq/idh)