Warga Sebut Sudah 20 Anak Ular Kobra Ditangkap di Perumahan Citayam Bogor

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 20:01 WIB
Foto: Ular kobra di permukiman warga di Bogor (Sachril-detik)
Foto: Ular kobra di permukiman warga di Bogor (Sachril-detik)
Bogor - Banyak ular kobra berkeliaran di perumahan di Citayam, Bojonggede, Kabupaten Bogor. Ada puluhan anak ular kobra yang sudah diamankan.

"20 ular, anak-anak ular kobra (sudah diamankan). Kira-kira usia 2 mingguanlah. Panjangnya dari telunjuk sampai pergelangan tangan kurang lebih," kata warga perumahan Royal Citayam, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Hari Cahyo, ketika ditemui di rumahnya, Jumat (6/12/2019).


Dia menjelaskan jumlah tersebut adalah total anak ular kobra yang diamankan warga sekitar dan petugas pemadam kebakaran (damkar). Cahyo mengungkapkan, 20 anakan ular kobra yang dievakuasi itu adalah pencarian dari sekitar seminggu yang lalu sampai hari ini.

"Warga yang pertama mengetahui. Jadi ketika kita kerja bakti, kita babat (potong) rumput di sekitaran musala, yang di lapangan, sehari setelah kerja bakti itu muncul anak ular," lanjutnya.

Ular Kobra.Ular Kobra. (Foto: Dok. Istimewa)



Cahyo menjelaskan warga sempat khawatir dari kemunculan ular kobra ini. Sebab, lanjutnya, anak ular kobra ini pernah masuk ke dalam rumah warga.

Dia pun mengatakan, induk ular kobra ini belum ditemukan. Sarang ular berbisa ini juga, lanjutnya, belum diketahui.

"Belum ada, induk atau sarang belum tau. Kalau induknya ditemukan atau ada yang melihat, damkar siap datang. Saya berharap tuh ketika ada pencarian dari tim damkar tadi bisa mengurangi kekhawatiran warga. Artinya, kita sudah mencari, dan tidak ditemukan (ular kobra), intinya yang ada di situ aman," ujar Cahyo. (gbr/gbr)