2 Mortir Diduga Sisa Perang Kemerdekaan Ditemukan di Galus Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 16:37 WIB
Foto: Dua mortir jenis A60 yang diperkirakan sisa perang kemerdekaan ditemukan di aliran Gayo Lues, Aceh.Dok: Polres Gayo Lues
Foto: Dua mortir jenis A60 yang diperkirakan sisa perang kemerdekaan ditemukan di aliran Gayo Lues, Aceh.Dok: Polres Gayo Lues
Banda Aceh - Dua mortir jenis A60 yang diperkirakan sisa perang kemerdekaan ditemukan di aliran Gayo Lues (Galus), Aceh. Bom tersebut kini diamankan tim jihandak Brimob Polda Aceh.

"Bom mortir yang ditemukan masing-masing seberat lebih kurang 1 kilogram dan panjang 30 sentimeter," kata Kapolres Gayo Lues, AKBP Rudi Setiawan, Jumat (6/12/2019).


Menurut Kapolres, mortir tersebut ditemukan di aliran sungai Marpunge, Kecamatan Putri Betung, Gayo Lues pada Kamis (5/12) kemarin sekitar pukul 12.00 WIB. Bom ditemukan oleh masyarakat yang sedang mengambil material batu di lokasi.

Bom itu diamankan tim jihandak Brimob Polda Aceh.Bom itu diamankan tim jihandak Brimob Polda Aceh. Foto: Dok: Polres Gayo Lues

Setelah ditemukan, kedua bom mortir ini sempat disimpan di kandang ayam milik warga selama tiga hari. Masyarakat kemudian melaporkan penemuan mortir ke Polsek Putri Betung.



Polisi meluncur ke lokasi dan mengamankan kedua mortir tersebut. Saat ini, bom tersebut sudah dibawa tim Jihandak Brimob Polda Aceh. (agse/aan)