WP KPK Ingin Irjen Listyo Kabareskrim Baru Tuntaskan Kasus Novel

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 16:26 WIB
Novel Baswedan/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Wadah Pegawai KPK merespons pergantian Kabareskrim Polri. WP KPK berharap Kabareskrim baru, Irjen Listyo Sigit Prabowo bisa menuntaskan kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan.

"Kami mempunyai harapan yang besar bahwa Bang Sigit selaku Kabareskrim baru itu bisa mengungkapkan kasus Bang Novel. Karena sampai hari ini Desember pekan pertama sesuai janji Pak Jokowi bahwa kasus Bang Novel akan selesai namun sampai hari ini kasusnya tidak selesai juga," kata Ketua WP KPK, Yudi Purnomo di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019).

WP KPK meminta tak ada lagi pemunduran batas waktu mengungkapkan kasus tersebut. Presiden Joko Widodo juga diharapkan memberikan waktu yang ketat agar kasus itu segera terungkap.

"Kita ingat janji presiden bahwa kasus Novel akan diselesaikan dalam waktu 3 bulan yaitu tepatnya tanggal 11 Oktober, kemudian diperpanjang menjadi Desember pekan pertama dan hari ini Jumat, hari terakhir pekan pertama Desember, dan pelakunya pun belum terungkap," ujar dia.





"Kami mengharapkan bahwa tahun ini merupakan tahun terakhir dari kasus Novel, kenapa, di Januari itu kasus itu sudah 1000 hari sejak 11 April tahun 2017 dan ini tentu saja sudah sangat-sangat lama, dan ini penting bagi kita untuk menunjukkan komitmen terhadap pemberantasan korupsi," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis akhirnya menunjuk Irjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim. Penunjukan itu tertuang dalam telegram nomor ST/3229/XII/KEP./2019 pada Jumat (6/12).




"Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono.

Simak Video "Rapat di DPR, Kapolri Idham Cerita Sulitnya Ungkap Kasus Novel"

[Gambas:Video 20detik]

(abw/fdn)