KLHK Gelar Rakorsus Bahas Karhutla, Mahfud Hingga Kapolri Hadir

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 09:09 WIB
Foto: Rakorsus di KLHK (Eva Safitri-detikcom)
Foto: Rakorsus di KLHK (Eva Safitri-detikcom)
Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar rapat koordinasi khusus bersama kementerian dan lembaga terkait membahas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Menko Polhukam Mahfud Md tampak hadir.

Pantauan detikcom, rapat digelar di Auditorium Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Kompleks KLHK, Kebayoran, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019), pukul 08.40 WIB. Rapat digelar tertutup.



Rapat dipimpin oleh Mahfud Md. Terlihat hadir dalam rapat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, serta Menteri LHK Siti Nurbaya.

Kapolri Jenderal Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala BNPB Doni Monardo juga terlihat hadir. Selain itu, rapat juga diikuti oleh perwakilan seluruh kementerian lembaga terkait, serta para Gubernur dan Kapolda dari sektor wilayah yang terdampak.



Siti Nurbaya sebelumnya pernah menemui Mahfud dan melaporkan masalah karhutla. Usai menerima laporan itu, Mahfud mengatakan bakal ada rapat koordinasi terkait pengendalian karhutla.

"Tadi saya lapor bapak tentang situasi kebakaran hutan dan lahan secara keseluruhan sejak 2015, 2016, 2017, 2018 itu dinamikanya kan keliatan ya progresnya keliatan dan saya melaporkan juga tentang posisi Inpres kebakaran hutan, peningkatan pengendalian Karhutla Inpres 11/2015 di mana posisinya Pak Menko Polhukam dan Menko Perekonomian. Saya juga melaporkan tentang hal dan kebaruan selama periode 2015-2019 dan juga beberapa kelemahannya," ujar Siti usai menemui Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (29/11).




KLHK: Dari 17 Gugatan Karhutla, 9 Sudah Dikabulkan MA:

[Gambas:Video 20detik]



(eva/haf)