Jokowi Ingin Hapus Semua Pasal Kontroversial RKUHP, Ini Kata Habiburokhman

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 08:49 WIB
Foto: Habiburokhman (Dok. Habiburokhman)
Foto: Habiburokhman (Dok. Habiburokhman)
Jakarta - Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin semua pasal yang dianggap kontroversial dalam RUU KUHP (RKUHP) dihapus. Akankah Komisi III DPR mengakomodir keinginan Jokowi?

"Secara resmi kami belum masuk pembahasan RKUHP, jadi belum ada sikap komisi," kata Anggota Komisi III DPR Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).


Namun secara pribadi, Habiburokhman mengaku bersedia membahas ulang pasal-pasal yang menimbulkan kontroversi beberapa bulan lalu, yang mendapat penolakan dari masyarakat hingga terjadi demonstrasi besar. Dia mengatakan sudah menyerap aspirasi masyarakat terkait RKUHP.

"Sebagai anggota Komisi III, saya siap membahas ulang pasal-pasal yang dianggap kontroversial. Saya sudah menyerap dan menginventarisir aspirasi masyarakat terkait pasal-pasal itu," ujar politisi Partai Gerindra ini.

"Karena ini sifatnya carry over, maka energi dan waktu kita tidak akan habis membahas pasal-pasal lain yang di periode lalu sudah tidak dipermasalahkan," sambung dia.



Tonton juga video Pakar Hukum Nilai Pembahasan RKUHP Perlu Partisipasi Masyarakat:


Selanjutnya
Halaman
1 2 3