Struktur Pengurus Golkar Dirampingkan, Airlangga: Tak Ada Faksi-faksi Lagi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 21:38 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Rolando/detikcom)
Jakarta - Partai Golkar merampingkan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, sesuai amanat Munas X, jumlah minimal ada 117 pengurus.

"Pertama, jumlah daripada pengurus DPP diamanatkan di AD/RT minimal 117. Kalau hari ini kita di atas 268. Tetapi Munas mengamanatkan minimal 117," kata Airlangga di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).



Airlangga mengatakan, dalam penyusunan pengurus, tidak ada lagi faksi-faksi dalam tubuh Golkar. Airlangga menegaskan Golkar telah menyatu.

"Sebelum Munas, Pak Akbar Tandjung, Pak Agung Laksono, Pak Aburizal Bakri, bahkan Pak Luhut Binsar Pandjaitan, Pak Jusuf Kalla, semua sudah menyatu di Golkar. Kita tidak bicara soal faksi-faksi lagi," ujar Airlangga.



Selain itu, Airlangga mengatakan, dalam amanat Munas, ada dewan baru di pengurus DPP Golkar. Penambahan dewan baru tersebut untuk menguatkan internal Golkar sendiri.

"Terkait dewan, kemarin sudah ada beberapa dewan, cuma sekarang diberi rumah yang lebih kuat, yaitu Dewan Pertimbangan, Dewan Pakar, Dewan Pembina, Dewan Penasehat, dan Dewan Etik. Sekarang kita berikan rumah yang kuat di dalam AD/RT," imbuhnya. (rfs/idn)