Kenya Akan Buka Kedutaan Besar di Jakarta pada 2020

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 19:04 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Ibnu/detikcom)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Ibnu/detikcom)
Badung - Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu) Retno Marsudi kembali melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara peserta Bali Democracy Forum (BDF) ke-12. Kali ini, giliran delegasi dari Timor Leste, Kepulauan Solomon, dan Kenya yang bertemu Menlu Retno.

Retno mengatakan pemerintah Kenya menyampaikan keinginan membuka kedutaan besar di Indonesia. Retno menyebut pada 2020 Kenya akan membuka kedutaan besarnya di Jakarta.

"Menteri Luar Negeri Kenya juga menyampaikan rencana bahwa Kenya akan membuka kedutaan besarnya di Jakarta pada awal paruh pertama tahun 2020. Jadi persiapannya sudah dilakukan dari sekarang dan mudah-mudahan pada pertengahan tahun 2020 Kenya akan dapat membuka jika kedutaan besarnya di Jakarta," kata Retno Retno usai melakukan pertemuan bilateral dengan negara peserta BDF ke-12 di gedung BNDCC, Nusa Dua, Bali, Kamis (5/12/2019).



Selain itu, Retno mengatakan pemerintah Indonesia tengah menjajaki kerja sama di bidang ekonomi dengan Kenya. Kerja sama itu antara lain Indonesia ingin menjalani preferential trade agreement (PTA) dengan Kenya.

"Jadi tahun depan kalau misalnya saya ke Nairobi maka untuk melakukan joint commission tetapi juga sudah harus ada pembicaraan awal mengenai masalah PTA dan mengidentifikasi kerja sama-kerja sama yang dapat dilakukan di bidang ekonomi antara Indonesia dan Kenya," ujarnya.



Selanjutnya
Halaman
1 2