Bunuh Istri dan Masukkan Mayatnya ke Karung, Serda N Divonis 13 Tahun Bui

Abdy Febriady - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 18:51 WIB
Sidang vonis Serda N yang membunuh istrinya di Sulbar/Foto: Abdy Febriady/detikcom
Polewali Mandar - Serda N dihukum 13 tahun penjara karena terbukti membunuh istrinya, Jayanti. Usai membunuh, Serda N memasukkan mayat istrinya dalam karung.

"Menggadili, menyatakan terdakwa terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa selama 13 tahun penjara," kata Ketua Majelis Hakim dari Pengadilan Militer III-6 Makassar, Letkol CHK Fredy Ferdian dalam persidangan, Kamis (5/12/2019).

Selain hukuman penjara, Serda N juga dihukum pidana tambahan yakni dipecat dari dinas militer. Majelis hakim menyatakan Serda N menyalahgunakan ilmu dan keterampilan sebagai prajurit untuk menghilangkan nyawa orang lain.




"Perbuatan terdakwa merupakan perbuatan yang sangat keji dan tidak berprikemanusiaan, kejahatan yang mengancam dan membahayakan kehidupan bermasyarakat. Bertentangan dengan norma hukum, norma hidup dalam masyarakat dan norma agama," sambung hakim.

Selain itu, perbuatan Serda N ditegaskan hakim bertentangan dengan semangat TNI. Perbuatan terdakwa dianggap keji

"Oleh karena itu guna memberikan efek jera pada prajurit lain dan masyarakat luas, majelis hakim menganggap pro untuk memperberat pidana dari tuntutan oditur militer," sambung hakim.


(fdn/fdn)