Pj Wali Kota Makassar Bakal Pidanakan Mafia Anak Jalanan

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 18:18 WIB
Foto: M Taufiqurrahman/detikcom
Foto: M Taufiqurrahman/detikcom
Makassar - Kasus eksploitasi anak menjadi pengemis oleh orang tuanya menjadi perhatian serius Pemkot Makassar. Pemkot menegaskan akan mempidanakan orang-orang yang mengorganisasi anak jalanan.

"Untuk kelompok-kelompok yang mengorganisir dan mengeksploitasi anak itu tidak ada lagi sifatnya pembinaan, tetapi langsung dipidanakan," kata Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb di kantor P2TP2A Makassar, Kamis (5/12/2019).

Iqbal menyarankan agar solusi mencegah eksploitasi anak lewat ketahanan keluarga. Peran RT/RW juga diminta oleh Iqbal untuk dapat dimaksimalkan.


"Kadang-kadang hubungan kekerabatan di RT/RW agak renggang, sehingga masyarakat tidak tahu ada warga yang bermasalah," ujarnya.

"Di sini sebenarnya peran RT/RW diperlukan. Sebab, RT/RW-lah sebagai mata dan telinga pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat. Kalau misalnya RT/RW segera lebih cepat memberikan laporan laporan supaya OPD bisa turun tangan segera," tegas dia.

Terkait korban eksploitasi anak yang saat ini ditampung Pemkot Makassar, Iqbal menyebut pihaknya akan membantu para korban dengan menyediakan shelter bagi mereka.


"Selain kebutuhan sehari harinya juga kebutuhan untuk tetap lanjut sekolahnya. Jadi, terutama yang sudah agak dewasa, kita lihat, kalau misalnya lewat umur SD kita upayakan untuk ikut paket A. Demikian juga kebutuhan lainnya kita usahakan sampai dia bisa mandiri," katanya. (fiq/fdn)