Inikah Posisi untuk JK dan Luhut di Golkar?

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 17:58 WIB
Munas Golkar (Rolando/detikcom)
Munas Golkar (Rolando/detikcom)
Jakarta - Partai Golkar bakal menambah dua dewan dalam periode 2019-2024. Posisi itu disebut-sebut untuk mengakomodasi dua senior, yakni Jusuf Kalla (JK) dan Luhut Binsar Pandjaitan.

"Munas kali ini benar-benar transformatif. Perubahannya mengarah Golkar sebagai partai modern. Jadi perubahan di AD/ART banyak, termasuk soal struktur," kata kader Golkar Ahmad Doli Kurnia di Hotel Ritz-Carlton, Jaksel, Kamis (5/12/2019).


Menurutnya, bakal ada 5 dewan di Partai Golkar 2019-2024. Salah satu keputusan rapat paripurna komisi Munas Golkar tadi adalah menetapkan Aburizal Bakrie atau Ical sebagai Ketua Dewan Pembina Golkar.

"Dan sekarang berkembang dewan jadi 5, Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, Dewan Penasihat, Dewan Pakar, dan Dewan Etik," sebut Doli.
Saat ditanya apakah 2 dari 4 dewan tersisa itu untuk mengakomodasi JK dan Luhut, Doli tak membantah. Menurutnya, Airlangga memang diberi masukan untuk mengakomodasi para senior.

"Iya, iya. Jadi memang munas ini sesuai petunjuk Pak Airlangga harus akomodir senior, kader-kader terbaik. Selama ini kan ada Pak Akbar Tandjung, Pak ARB, Pak Agung Laksono, sementara masih ada Pak JK, Pak Luhut. Jadi dewan-dewan inilah tempat mereka untuk membantu secara langsung persiapan konsolidasi Golkar selama 5 tahun ke depan," tutur Doli.
Selanjutnya
Halaman
1 2