Petugas Cek Fondasi Jembatan Depan Stasiun Rawa Buntu Tangsel yang Retak

Kadek Melda - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 17:42 WIB
Petugas mengecek fondasi jembatan depan Stasiun Rawa Buntu yang retak. (Kadek Melda/detikcom)
Tangerang Selatan - Petugas mengecek fondasi jembatan depan Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan (Tangsel), yang retak. Mereka ingin memastikan kondisi jembatan.

Pantauan detikcom, Kepala Regu bidang Jembatan Kereta Api Didi Umyadi tiba di lokasi, Jalan Raya Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Kelurahan Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Tangsel, pukul 16.04 WIB, Kamis (5/12/2019). Dia tampak mengecek dan mengambil gambar bagian yang retak.

Tak berselang lama, lima orang yang mengaku petugas dari PT Marga Utama Nusantara mengecek lokasi. Mereka juga memotret bagian yang retak.

"Dari pimpinan kantor telepon, di Rawa Buntu tolong dicekin jembatan kita ada ini, tahunya bukan punya kita, punya PU itu. Urusan PU itu mah," kata Didi.


Menurut Didi, bagian yang retak-retak itu berbeda konstruksi dengan jembatan. Bagian yang retak merupakan pendukung konstruksi.

"Ini kalau ke sini si nggak (arah jembatan) soalnya itu beda konstruksi. Kalau sana itu (bagian yang retak) pendukung konstruksi. Kalau itu pengaruhnya, mudah-mudahan sih nggak roboh ke bawah. Maksud saya kalau jembatan mah aman. Cuma pendukungnya ini yang nggak aman," ujarnya.

Sementara itu, staf pemeliharaan jalan tol dari PT Marga Utama Nusantara, Feri Tristianto, mengaku diperintah atasan untuk mengecek kondisi jembatan itu.

"Kalau jembatan sih nggak bakal roboh, cuma bahaya ininya (bagian yang retak) ke pengguna jalan. Kita tapi nggak berani penanganan langsung kayaknya pakai perencanaan dulu," ujar Feri.

Feri mengaku akan melaporkan kondisi jembatan ke atasan untuk langkah selanjutnya. "Kurang tahu (siapa yang bakal menangani), nanti saya tanya ke atasan dulu ini apa namanya, anggarannya siapa yang atur," ujarnya.

"Untuk selanjutnya, saya koordinasikan dulu ke atasan," tuturnya.


Jembatan tersebut merupakan jalan lintas dari arah Parung menuju BSD. Di bawah jembatan tersebut ada rel kereta dan jalan yang biasa dilalui warga untuk beraktivitas. Kondisi jembatan ini sebelumnya ramai dibahas netizen di Instagram.

Pantauan detikcom, kondisi retak terdapat di fondasi sisi kiri jika arah BSD. Di atas jembatan ada halte untuk penumpang KRL.

Besi di dalam fondasi terlihat ke luar karena corannya retak. Selain itu, pembatas jalan di atas jembatan juga tampak retak di dua titik. (idh/idh)