Kapolri Puji Irjen Gatot Pantas ke Mabes, IPW: Sepertinya Jadi Wakapolri

Indra Komara - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 16:35 WIB
Gatot Edy Pramono dan Idham Azis. (Foto: Samsuduha Wildansyah)
Gatot Edy Pramono dan Idham Azis. (Foto: Samsuduha Wildansyah)
Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis menyebut Irjen Gatot Eddy Pramono pantas bertugas di Mabes Polri. Indonesia Police Watch (IPW) menyebut, Gatot kemungkinan akan mengisi jabatan Wakapolri.

"Jika ditanyakan, apa sinyal pujian Kapolri terhadap Gatot? Mengingat pergantian Kabareskrim dimolorkan hingga pertengahan Desember padahal calon kuat Kabareskrim ya sudah ada yakni Sigit, sepertinya Gatot akan ditempatkan sebagai Wakapolri untuk mendampingi Idham, mengingat Wakapolri Ari Dono pensiun tanggal 23 Desember," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, kepada wartawan, Kamis (5/12/2019).



Neta kemudian bicara soal kedekatan Idham dengan Gatot, serta eks Kapolri Tito Karnavian. Menurutnya, ketiganya sudah seperti tiga serangkai saat berada di institusi kepolisian.

"Dalam berbagai kesempatan saat Tito masih menjadi Kapolri, dan Idham menjadi Kapolda Metro Jaya serta Gatot menjadi staf ahli Kapolri yang juga ketua satgas Nusantara, mereka bertiga sering terlihat bersama di kedai kopi di Polda Metro Jaya," tuturnya.

Maka menurutnya tak heran ketika Idham dipromosikan menjadi Kabareskrim, kemudian Gatot yang menempati posisi Kapolda Metro Jaya. Apalagi, selama Pilpres 2019, kata Neta, Gatot bekerja keras menjaga keamanan di Jakarta.



Dia menuturkan, jika Gatot melepas jabatan Kapolda Metro Jaya, maka ada tiga nama yang bakal menempati posisi itu. Ketiganya, menurut Neta antara lain Kapolda Jabar, Kapolda Yogya, dan Kapolda Jateng.

Sementara posisi Sigit Prabowo sebagai Kadiv Propam Irjen Listyo kemungkinan akan diisi oleh Irjen Teddy Minahasa dan Kapolda Sumut.

"Sedangkan posisi Kabaharkam Firli akan diisi dan ada dua calon, yakni Komjen Agung dari Kabaintelkam dan Irjen Bambang Sinar dari BIN. Sedangkan posisi Kabaintelkam ada dua calon, yakni Wakabaintelkam dan Kapolda Jatim. Sepertinya gerbong mutasi Polri itu akan bergerak Minggu ini atau paling lambat Jumat minggu depan," jelasnya.

(idn/hri)