Kadishub: TransJakarta Tetap Boleh Putar di U-Turn Jalan Satrio Jaksel

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 14:10 WIB
Foto: U-turn Satrio Jaksel (Yogi/detikcom)
Foto: U-turn Satrio Jaksel (Yogi/detikcom)
Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan uji coba penutupan U-turn di Jalan Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan. Meski begitu, bus TransJakarta tetap diperbolehkan untuk berputar di Jalan Satrio.

"Dia (bus TransJakarta) boleh," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Gedung DPRD DKI Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019).



Syafrin mengatakan, hal ini dikarenakan bus merupakan bentuk pelayanan publik. Sehingga tetap diperbolehkan untuk tetap berputar memberikan pelayanan.

"Karena sifatnya pelayanan, jadi dia tetap memberikan layanan untuk muter di situ," kata Syafrin.

Diketahui, Dishub DKI Jakarta melakukan uji coba penutupan U-Turn. Penutupan dimulai pada hari ini.

"Penutupan rencananya akan diberlakukan pukul 06.00 WIB. Tujuan penutupan adalah untuk mengurai kepadatan kendaraan yang terjadi di kolong U-Turn Bawah Fly Over Satrio Jakarta Selatan," kata Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Budi Setiawan, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (4/12/2019).



Sebanyak 20 cone pembatas dipasang untuk membagi sisi Jalan Mas Mansyur dan Jalan Karet Pasar Baru. Budi berharap rekayasa tersebut dapat mengurangi kemacetan.

"Sebanyak 20 unit traffic cone untuk menutup putaran dan pemasangan traffic cone sebanyak 50 unit untuk membagi Jl.mas mansyur sisi selatan fly over Satrio menjadi 2 bagian untuk menghilangkan kendaraan crossing dari akses keluar Jalan Karet Pasar Baru Barat IV yang akan berputar di putaran City Walk Jakarta Pusat," tuturnya.

Simak Video "Lawan Arus Busway, Gerombolan Pemotor Ngeyel Paksa Mundur TransJ"

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/mae)