Anies: Tanggul NCICD di Muara Baru yang Jebol Sedang Diperbaiki PUPR

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 12:41 WIB
Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Tanggul Proyek Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di Muara Baru, Jakarta Utara, jebol. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tanggul itu sedang diperbaiki pihak Kementerian PUPR.

"Tanggul yang dibangun oleh Kementerian PUPR sehingga alhamdulillah kami bersyukur teman-teman dari Kementerian PUPR sudah sejak hari Selasa sore mereka bekerja di sana," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Anies mengatakan Pemprov DKI Jakarta hanya memantau perbaikan tanggul itu. Menurut dia, tanggul itu dikelola oleh PUPR. "Jadi kami pantau. Kami dukung apa yang dibutuhkan teman-teman PUPR," jelas Anies.


Tanggul NCICD di Muara Baru, Jakarta Utara sempat jebol. Camat Penjaringan Muhammad Andri sebelumnya mengatakan tanggul NCICD itu jebol sekitar 100 meter. "Iya benar, kira-kira 100 meter," kata Andri.

Andri mengatakan proyek tersebut merupakan milik Kementerian PUPR. Dia memastikan tanggul yang jebol berada di area pelabuhan dan tidak membahayakan pemukiman warga.



Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengatakan tidak akan ada efek banjir karena kejadian tersebut.

"Robohnya tanggul ini tidak akan berpengaruh terhadap banjir dikarenakan masih ada tanggul lama existing sebagai pengaman ketika laut dalam kondisi pasang," ucap Kepala Dinas Sumber Daya Air, Juaini.



Tonton juga video Tanggul Kali Cakung Bekasi Jebol Gegara Sampah:

[Gambas:Video 20detik]



(sam/aan)