Tahun 2020, Tilang Elektronik di Jakarta Akan Ditambah 48 Kamera

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 10:38 WIB
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) akan diterapkan di semua titik di Jakarta. Pada 2020, ditargetkan akan ada 48 kamera E-TLE baru yang akan dipasang di Jakarta.

"Tahun 2020 akan ditambah 48 E-TLE di wilayah DKI Jakarta," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono saat memberikan sambutannya di acara launching aplikasi E-Drives, aplikasi Satpam Mantap dan aplikasi Help Renakta di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Gatot mengatakan kamera-kamera itu akan dipasang di semua wilayah di DKI Jakarta. "Hampir semua kota Jakarta ada E-TLE nya, semua diawasi," tegas Gatot.

Sistem penilangan E-TLE ini disebutnya masih seperti sistem penilangan E-TLE yang lebih dulu di-launching. Surat tilang akan dikirimkan ke alamat pengemudi mobil yang melanggar sesuai dengan data dari kendaraannya itu.

"Manfaat E-TLE, kami akan merapikan identifikasi kendaraan bermotor. Surat tilang akan datang ke alamat yang ada di STNK. Kalau orang buat kendaraan dengan nama orang lain pasti mereka akan komplain Ke depan, yang punya mobil itulah nama di STNK-nya, itu kami rapikan," jelas Gatot.


E-TLE sudah terpasang di 12 titik di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta Pusat. Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo sebelumnya juga mengatakan Pemprov DKI Jakarta pada tahun 2019 ini akan menghibahkan uang sebesar Rp 38,5 miliar untuk 45 titik kamera E-TLE.

"Tahun ini itu sudah disetujui dana hibah untuk penambahan kamera E-TLE, electronic traffic law enforcement tadi ke Polda Metro Jaya. Total anggarannya Rp 38,5 miliar, untuk 45 titik kamera," ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di gedung Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (10/10).



Simak juga video Siap-siap Tilang Elektronik Berlaku di Busway:

[Gambas:Video 20detik]



(sam/aan)