detikNews
2019/12/05 06:03:04 WIB

Pemprov DKI Jamin Robohnya Tanggul NCICD Tak Picu Banjir di Muara Baru

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemprov DKI Jamin Robohnya Tanggul NCICD Tak Picu Banjir di Muara Baru Ilustrasi tanggul laut (Foto: Pradita Utama-detikcom)
Jakarta - Tanggul Proyek Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di Muara Baru, Jakarta Utara jebol. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengatakan tidak akan ada efek banjir karena kejadian tersebut.

"Robohnya tanggul ini tidak akan berpengaruh terhadap banjir dikarenakan masih ada tanggul lama existing sebagai pengaman ketika laut dalam kondisi pasang," ucap Kepala Dinas Sumber Daya Air, Juaini, saat dihubungi, Rabu (4/12/2019) malam.



Dia mengatakan tanggul tersebut berada di kawasan pelabuhan perikanan. Robohnya tanggul itu, diyakini tak akan membuat kawasan setempat menjadi rawan banjir ketika air laut pasang.

"Jadi nggak ada rawan banjir karena masih ada tanggul lama. Dekat tanggul itu kawasan pelabuhan perikanan," kata Juaini.

Juaini menyebut proyek tanggul itu dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Saat ini, menurutnya, Kementerian PUPR sedang melakukan penyelidikan penyebab robohnya tanggul tersebut.

"Panjang robohnya spun pile kurang lebih 160 meter. Terkait penyebab robohnya tanggul sedang dievaluasi oleh satker PTPIN dan akan segera akan dilaksanakan perbaikan," ucap Juaini.



Heboh! Warga Keciduk Buang Sampah saat Banjir:




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com