detikNews
2019/12/04 23:22:38 WIB

Ada Posisi Baru di Struktur Pengurus Golkar Periode 2019-2024?

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ada Posisi Baru di Struktur Pengurus Golkar Periode 2019-2024? Politikus Golkar Melchias Marcus Mekeng (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Menengok pandangan umum para pemilik suara di Munas Golkar, Airlangga Hartarto kuat kemungkinan terpilih kembali menjadi ketum Golkar untuk periode 2019-2024. Bagaimana dengan susunan pengurus Golkar ke depan?

Dalam Munas Golkar X di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019), sejumlah pengurus DPD dari beberapa provinsi menyuarakan agar Airlangga menjadi formatur tunggal. Ini artinya Airlangga diberi hak penuh dalam menyusun susunan DPP Golkar.



"Nanti masih ada dialog, bisa ada formatur, bisa juga formatur tunggal menyerahkan kepada dia untuk membentuk kabinet. Misalnya kan kalau logika kabinet itu dibentuk oleh yang ini, jangan sampai kabinet dipaksakan dengan segala macam, terus akhirnya dia tidak bisa ini," kata ketua penyelenggara Munas Golkar, Melchias Marcus Mekeng, di sela-sela Munas.

Mekeng menyebut pengurus Golkar tingkat I dan II juga menentukan sendiri kepengurusannya. Ini dinilai bisa dan tepat jika diterapkan dalam hal penyusunan DPP.



"Di provinsi kan dia menentukan diri sendiri, kabupaten juga menentukan diri sendiri. Nah, di DPP kenapa kabupaten/provinsi mesti ikut," jelas Mekeng.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com