Menlu Retno Akan Bahas Isu Perempuan-Politik LN di Bali Democracy Forum

Menlu Retno Akan Bahas Isu Perempuan-Politik LN di Bali Democracy Forum

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 22:54 WIB
Bali Democracy Forum (BDF) ke-12. (Foto: Ibnu/detikcom)
Bali Democracy Forum (BDF) ke-12. (Foto: Ibnu/detikcom)
Bali - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Bali Democracy Forum (BDF) ke-12 akan mengangkat isu tentang perempuan dan generasi muda. Nantinya akan ada panel khusus untuk membahas isu-isu perempuan.

"Tema tahun ini kebetulan mengenai masalah inklusifitas. Saya sampaikan bicara inklusif maka di situ ada generasi muda yang penting, di situ juga ada isu perempuan," kata Retno usai bertemu dengan delegasi Bali Democracy Students Conference di Courtyard Nusa Dua, Bali, Rabu (4/12/2019).



Menurutnya, panel diskusi itu akan diisi oleh para menteri luar negeri dari Australia, Namibia, Kenya dan Indonesia.

"Jadi besok akan ada sesi khusus yang akan jadi pembicara adalah para menteri luar negeri perempuan. Yang akan dibicarakan mengenai bagaimana kita sebagai Menlu perempuan mengarusutamakan isu mengenai masalah women itu dalam policy level. Tentunya termasuk dalam isu politik luar negeri," ucapnya.

Selain itu, Retno mengatakan BDF ke-12 juga akan lebih banyak panel diskusi soal demokrasi. Sehingga diharapkan BDF ke-12 ini dapat menghasilkan demokrasi yang lebih baik.



"Karena sekali lagi. Isunya adalah mengenai masalah inclusivity sehingga kita ingin merangkul sebanyak mungkin stakeholder dalam debat diskusi mengenai demokrasi. Demokrasi yang kita inginkan adalah demokrasi yang berfungsi dengan baik dan hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat," tutur Retno.

BDF ke-12 ini akan digelar di Bali mulai dari 5-6 Desember 2019. BDF tahun ini mengambil tema 'Democracy and Inclusivity'. Sebanyak 140 negara dan organisasi nonpemerintah internasional diundang dalam acara tersebut. (ibh/idn)