13 Santri Bojonggede Bogor Positif Terjangkit Hepatitis A

13 Santri Bojonggede Bogor Positif Terjangkit Hepatitis A

Sachril AGus - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 21:07 WIB
Foto ilustrasi (iStock)
Foto ilustrasi (iStock)
Jakarta - Wabah penyakit hepatitis A tidak hanya terjadi di Depok. Sebanyak 13 santri di Bojonggede, Kabupaten Bogor, juga positif terjangkit hepatitis A.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor Dedi Syarif mengatakan ada 48 santri dari Pondok Pesantren Nurul Ilmi, Desa Bojong Baru, Bojonggede, Kabupaten Bogor, yang diduga kena hepatitis A. Setelah dilakukan pemeriksaan di laboratorium, lanjutnya, sebanyak 13 santri pria positif mengidap hepatitis A.



"Iya, (penyebab) karena kalau hepatitis itu, di tempat-tempat yang seperti pesantren, asrama, atau di tempat penampungan, yang memang dalam hal ini karena orang banyak ya, otomatis PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat)-nya, kebersihan kurang terjaga," kata Dedi ketika dihubungi, Rabu (4/12/2019).

Dari 48 santri tersebut, kata Dedi, ke-35 santri lainnya hanya mengalami gejala hepatitis A. Dedi menjelaskan masih rendahnya kesadaran para santri untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan dan setelah buang air besar serta mencuci alat makan dan minum menyebabkan ke-48 santri itu mengidap hepatitis A.
Selanjutnya
Halaman
1 2