Malaysia Deportasi 53 TKI Bermasalah ke Dumai Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 14:28 WIB
Foto: Malaysia Deportasi 53 TKI Bermasalah ke Dumai Riau (dok P4TKI)
Foto: Malaysia Deportasi 53 TKI Bermasalah ke Dumai Riau (dok P4TKI)
Jakarta - Otoritas Malaysia mendeportasi 53 TKI bermasalah lewat pelabuhan di Dumai, Riau. Mereka yang dipulangkan ini merupakan TKI yang tidak melengkapi persyaratan yang ditentukan pihak negeri jiran.

"Iya ada 53 TKI yang dipulangkan pihak pemerintah Malaysia lewat pelabuhan di Dumai. Mereka saat ini masih berada di kantor kita untuk dilakukan pendataan," kata Koordinator Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI), Dumai, Humisar Saktivan Viktor Siregar saat dihubungi detikcom, Rabu (4/12/2019).



Humisar menjelaskan, para TKI yang dideportasi ini sebagian besar berasal dari Sumatera Utara (Sumut). Sebagian lagi berasal dari Jawa Timur. Mereka dideprotasi dengan menggunakan kapal fery dari Negeri Sembilan Malaysia. Para TKI yang terdiri dari pria dan wanita ini dipulangkan pada Selasa (3/12).

"Mereka ini pulang atas keinginan sendiri dengan biaya sendiri dan dibantu sejumlah keluarga pekerja Indonesia. Mereka umumnya pulang karena sudah menjalani masa hukuman di penjara," kata Humisar.

Selanjutnya
Halaman
1 2