Tanggul NCICD di Muara Baru Jakut Jebol

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 11:40 WIB
Tanggul NCICD di Muara Baru Jakut (Foto: Dok. Istimewa)
Tanggul NCICD di Muara Baru Jakut (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Tanggul yang masuk dalam proyek Terpadu Pesisir Ibukota Negara atau National Capital Integrated Coastal Deveploment (NCICD) di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara jebol. Camat Penjaringan Muhammad Andri mengatakan tanggul NCICD itu jebol sekitar 100 meter.

"Iya benar, kira-kira 100 meter," kata Andri kepada wartawan, Rabu (4/12/2019).



Andri mengatakan proyek tersebut merupakan milik Kementerian PUPR. Dia memastikan tanggul yang jebol berada di area pelabuhan dan tidak membahayakan pemukiman warga.

"Jauh (dari pemukiman). Itu kawasan pelabuhan," sebut Andri.

Andri menyebut di kawasan tersebut sedang ada proyek pengurukan. Dia memastikan air laut masih berada dua meter di bawah kawasan pelabuhan.

"Sedang ada proyek pengurukan. Jadi air tidak meluap ke darat. Masih 2 meter di bawah tanah. Sudah diamankan arealnya," jelasnya.



Andri memastikan pelaksana proyek segera membangun kembali tanggulnya. "Pelaksana proyek pengurukan akan membangun kembali tanggulnya," tuturnya.

NCICD merupakan tanggul raksasa yang bertujuan untuk melindungi DKI Jakarta dari resiko banjir akibat penurunan air tanah di Jakarta Utara. Proyek tersebut bekerja sama antara Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta dengan untuk membangun tanggul sepanjang 20,1 km.



Tonton juga video Anies Akan Buat Sodetan untuk Cegah Banjir Jati Padang:

[Gambas:Video 20detik]


Tanggul NCICD di Muara Baru Jakut Jebol
(fdu/mae)