Usai Bamsoet Mundur, Sekjen Golkar: Tak Ada Forum Tandingan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 03 Des 2019 23:07 WIB
Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus (Ari Saputra/detikcom)
Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus (Ari Saputra/detikcom)


"Bambang kan sudah menerima itu. Mulai dari Ketua DPR dan Ketua MPR. Give-nya dari Pak Airlangga sudah dia terima," ucap Lodewijk.

"Sekarang gimana yang lain? Itu kan sudah ditawarkan juga oleh Pak Airlangga. Sejauh Pak Airlangga bisa mengupayakan itu ya beliau upayakan. Artinya namanya Pak Airlangga kan ada batas kemampuan dan kewenangan apa yang dia berikan. Tidak semuanya," imbuhnya.

Sebelumnya, Bamsoet menyatakan mundur dari pencalonan sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Bamsoet mengatakan hal ini dilakukan setelah dia bertemu dengan sejumlah tokoh senior Golkar.


Dia mengatakan pengunduran diri ini sebagai upaya menjaga kekompakan Golkar ke depan. Atas rekonsiliasi ini, dia mengatakan tak ada lagi kubu Bamsoet ataupun Airlangga.

"Maka dengan semangat rekonsiliasi yang telah kita sepakati bersama, maka demi menjaga soliditas dan keutuhan Partai Golkar, maka saya pada sore hari ini menyatakan tidak meneruskan pencalonan saya sebagai kandidat Ketua Umum Golkar untuk periode 2019-2024," kata Bamsoet setelah bertemu dengan Luhut dan Airlangga di Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Selasa (3/12).
Halaman

(rfs/jbr)