detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 22:46 WIB

Soal Munas Golkar, Agun Gunandjar: Ada Napas Baru Semangat Rekonsiliasi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Soal Munas Golkar, Agun Gunandjar: Ada Napas Baru Semangat Rekonsiliasi Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta - Politikus senior Partai Golkar, Agun Gunandjar, yang telah menyatakan mundur dari bursa caketum Partai Golkar, mengatakan ada napas baru dalam Munas Golkar. Agun mengatakan ada semangat rekonsiliasi.

"Ada semangat yang saya ikuti dari waktu ke waktu, ada tanda petik intervensi rekonsiliatif saya bersyukur, ada napas baru. Sehingga pada waktu saya jumpa dengan Indra Bambang Utoyo, dengan timnya Bambang Soesatyo, termasuk dengan Pak (Melchias Markus) Mekeng, yang menjembatani komunikasi dengan Pak Airlangga (Hartarto), saya minta jaminan," kata Agun di Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).

Agun mengatakan Airlangga akan menjalankan partai ke depan secara rekonsiliasi. Dia pun mengatakan ada jaminan Airlangga membawa Golkar sebagai partai demokratis.

"Tapi prinsipnya Pak Mekeng menjamin bahwa Pak Airlangga akan menjalankan rekonsiliatif ke depan yang pertama dia penuhi dalam menyusun komposisi kepengurusan, dan yang kedua dia akan menjalankan partai modern yang demokratis," ujar Agun.



Agun pun bersyukur adanya semangat rekonsiliasi usai Bamsoet menyatakan mundur. Dia meminta jaminan lima tahun ke depan Golkar berjalan secara demokratis.

"Tapi karena ada semangat rekonsiliatif sampai Pak Bamsoet menyatakan mundur dalam rangka itu kan begitu, nah saya bersyukur. Artinya, rekonsiliatif tercapai lalu saya minta jaminan lima tahun ke depan harus demokratis dan itu ada garansi dari Pak Mekeng untuk saya bertemu dengan Pak Airlangga, tapi sampai hari ini saya belum ketemu itu saja," imbuhnya.

Sebelumnya, langkah Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengundurkan diri dari bursa caketum Golkar diikuti dua caketum lainnya. Mereka adalah Agun Gunandjar Sudarsa dan Indra Bambang Utoyo.



Pengunduran diri keduanya disampaikan dalam jumpa pers di Resto Sate Senayan, Jl Pakubuwono VI, Jakarta, Selasa (3/12). Mereka mundur menjelang Munas Partai Golkar yang akan digelar malam ini.

"Maka dengan bismillah, hari ini saya menyatakan mundur sebagai calon ketua umum di Munas ke-10," ujar Agun.
(rfs/idn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com