detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 21:59 WIB

Mundur dari Caketum, Bamsoet: Kami Sepakat Dua Gerbong Disatukan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Mundur dari Caketum, Bamsoet: Kami Sepakat Dua Gerbong Disatukan Foto: Rolando Fransiscus/detikcom
Jakarta - Bambang Soesatyo (Bamsoet) telah mundur dari bursa calon ketum Partai Golkar. Dia mengatakan petahana Ketum Golkar Airlangga Hartarto akan mengakomodasi loyalisnya dengan cara menyatukan 'dua gerbong'.

"Kami sudah sepakat dua gerbong ini akan disatukan. Jadi semangat rekonsiliasi inilah yang kemudian mendorong kita berdua untuk melakukan rekonsiliasi," kata Bamsoet usai pembukaan Munas Golkar di Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).



Bamsoet memastikan dirinya dengan Airlangga akan melakukan rekonsiliasi.

"Yang pasti saya dengan semangat yang tinggi bersama Pak Airlangga kemudian melakukan rekonsiliasi. Itulah cara-cara Partai Golkar," imbuhnya.

Bamsoet sempat diusulkan agar melepas jabatannya sebagai Ketua MPR jika ingin maju caketum di Munas Golkar. Tetapi, karena sudah mundur, menurutnya, hal tersebut tak perlu dipertanyakan lagi.

"Aturan untuk pimpinan MPR/DPR, sudah jelas. Jadi tidak perlu dipertanyakan lagi. Bisa dicopot dari lama, Fahri Hamzah bisa dicopot dari lama. Jadi intinya kembalinya ke aturan perundangan-undangan yang ada," sambungnya.



Sebelumnya, Ketum Golkar Airlangga Hartarto menyapa Bambang Soesatyo (Bamsoet) di pembukaan Munas Golkar. Airlangga menyebut Bamsoet sebagai sosok yang membanggakan.

Airlangga menyampaikan itu dalam sambutannya pada pembukaan Munas Golkar di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/12). Airlangga menyapa Bamsoet setelah menyapa Presiden Jokowi, Jusuf Kalla, hingga ketum-ketum parpol yang hadir.

"Yang kami banggakan, Ketua MPR RI Mas Bambang Soesatyo," kata Airlangga.
(rfs/idn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com