detikNews
2019/12/03 20:17:15 WIB

Nilai Seragam BPIP 4 Kantong Modis, Fadli Zon: Identik dengan Gerindra

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 1
Nilai Seragam BPIP 4 Kantong Modis, Fadli Zon: Identik dengan Gerindra Megawati memakai seragam BPIP (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai model seragam baru Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan empat kantong modis (fashionable). Menurut Fadli, model seragam itu sudah ada sejak zaman dulu.

"Nggak apa-apa, kan bagus. Lebih fashionable gitu. Ya bagus lah, saya kira kalaupun meniru ya diakui pun nggak ada masalah, nggak juga nggak apa-apa. Toh itu kan bukan model sesuatu yang baru ya, dari zaman dulu juga udah ada. Bahkan di zaman kolonial udah begitu, (model baju) Bung Karno, Bung Hatta, Bung Syahrir," kata Fadli saat dihubungi, Selasa (3/12/2019).

Fadli mengatakan model seragam empat kantong identik dengan Partai Gerindra. Fadli pun tak mempermasalahkan kemiripan seragam yang juga dikenakan Megawati Soekarnoputri itu dengan seragam partainya.


"Kalau menurut saya sih jelas sekali atau identik dengan Gerindra gitu. Kan Gerindra itu (seragam) kantongnya selalu empat. Itu seragam, baik yang tangannya panjang maupun tangan pendek. Menurut saya nggak ada apa-apa, bagus ya," ujarnya.

Fadli tak menampik jika seragam empat kantong yang sering dikenakan Prabowo itu terinsipirasi dari Presiden pertama RI Sukarno. Fadli pun menjelaskan asal usul seragam empat kantong menjadi ciri khas Gerindra.

"Karena kami dulu itu Pak Prabowo waktu menjadi Ketua Umum HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) tahun 2004 ya, itu kita bikin seragamnya itu empat kantong begitu, tapi warnanya krem. Nah kemudian ketika kita mendirikan Gerindra tahun 2008, Pak Prabowo juga punya gagasan celananya krem, atasnya putih gitu. Kemudian putihnya itu kantong empat," ungkap Fadli.


Sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri, tampil dengan seragam berkantong empat saat menyampaikan Kuliah Kepresidenan. Seragam anyar BPIP yang juga presiden ke-5 RI itu berlengan panjang dengan dua kantong di bagian dada dan dua kantong lagi ada di bagian pinggang kanan dan kiri. Ada lambang Garuda Pancasila di lengan kiri dengan tulisan 'BPIP' berlatar merah di atasnya.

Namun rupanya inspirasi model seragam itu bukan dari Menhan Prabowo Subianto yang punya kemeja khas empat kantong. Kemeja putih pun diidentikkan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kemeja putih adalah simbol kerja, seperti kemeja yang dikenakan Pak Jokowi," kata Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo, kepada wartawan, Selasa (3/12).


Simak Video "Megawati Tantang yang Ingin Dirikan Khilafah ke DPR"

[Gambas:Video 20detik]


(azr/jbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com