detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 16:17 WIB

Luhut Bantah Tekan Pengurus Daerah Golkar Soal Munas

Hendra Kusuma - detikNews
Luhut Bantah Tekan Pengurus Daerah Golkar Soal Munas Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, membantah menekan DPD Golkar terkait Munas. Isu itu sebelumnya dikemukakan oleh loyalis Bambang Soesatyo (Bamsoet).

"Nggak ada tuh, kenapa tekan-tekan. Saya kan kader Golkar," kata Luhut di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Seperti diketahui, Luhut merupakan salah satu kader senior Partai Golkar.



Sebelumnya diberitakan, Ketua Bidang Organisasi dan Daerah DPP Partai Golkar Taufik Hidayat menuding ensesneg Pratikno, Menseskab Pramono Anung, dan Menko Maritim Luhut Pandjaitan melakukan intervensi dan tekanan ke pengurus daerah Golkar.

"Demokrasi Munas Golkar dirampok Pratikno cs. Terungkapnya pertemuan Mensesneg, Menko Maritim, dan Menseskab, dengan para ketua DPD menandakan para menteri ini campur tangan terhadap Munas Golkar," kata Taufik kepada wartawan, Sabtu (30/11/2019).

Jokowi sendiri sudah angkat bicara soal tudingan terhadap menteri-menterinya ini. Dia melakukan pembelaan.

"Sebagai partai besar yang memiliki pengalaman panjang politik, nggak mungkin diintervensi menteri, diintervensi eksternal. Itu isu-isu yang biasa dalam politik," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/2/2019).



Jika Luhut ikut berperan dalam munas Golkar, menurut Jokowi, itu adalah hal yang wajar mengingat Luhut adalah politikus Golkar. Hal yang sama juga berlaku kepada menteri lain yang berasal dari Golkar, yakni Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menpora Zainudin Amali.

"Kalau misal ada menteri Pak Luhut, Pak Luhut kan Golkar, atau Pak Agus Gumiwang kan Golkar, Pak Amali kan Golkar," sebutnya.
(imk/fjp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com