detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 15:12 WIB

Dijajal Bupati Bermotor Trail, Ini Jalur Baru Wilayah Terisolir Seko Lutra

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Dijajal Bupati Bermotor Trail, Ini Jalur Baru Wilayah Terisolir Seko Lutra Foto: DOK. ISTIMEWA/Bupati Luwu Utara (Lutra), Sulsel, Indah Putri Indriani meninjau progres pembangunan jalur menuju wilayah terisolasi Kecamatan Seko
Makassar - Bupati Luwu Utara (Lutra), Sulsel, Indah Putri Indriani meninjau progres pembangunan jalur menuju wilayah terisolasi Kecamatan Seko. Indah mengendarai motor trail mengecek pengerjaan jalan yang sudah masuk tahap pengerasan dan pengaspalan.

"PR besar itu perlahan mulai terjawab atas kerja sama sharing dana melalui APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten," ujar Indah dalam keterangan tertulis, Selasa (3/12/2019).

Indah kali ini meninjau pembangunan jalur menuju Kecamatan Seko dengan melintasi jalur di wilayah Lambiri, Sodangan, dan Eno. Jalur di wilayah tersebut dibangun khusus menggunakan APBD Kabupaten Luwu Utara.

"Progres pekerjaan ruas yang khusus kita biayai dari APBD Kabupaten terus kita genjot dan progresnya cukup baik," tuturnya.




Pembangunan jalur ke wilayah terisolasi Seko pada tahun 2019 dilakukan dengan menggunakan APBD Kabupaten, APBD Pemprov Sulsel, dan APBN.

Kementerian PUPR melalui dana APBN sebesar Rp 27,2 miliar mengerjakan ruas dari Kanandede sampai Mabusa dengan panjang sekitar 35 kilometer. Pengerjaannya cutting, pengerasan, dan overlay di daerah Tulaktallu.


Bupati Luwu Utara (Lutra), Sulsel, Indah Putri Indriani meninjau progres pembangunan jalur menuju wilayah terisolasi Kecamatan SekoBupati Luwu Utara (Lutra), Sulsel, Indah Putri Indriani meninjau progres pembangunan jalur menuju wilayah terisolasi Kecamatan Seko Foto: DOK. ISTIMEWA


Sementara itu dana sebesar Rp 11 miliar dari APBD Sulsel mengerjakan ruas dari Mabusa ke Lambiri dengan panjang sekitar 29 kilometer. Pengerjaannya cutting dan pengerasan jalan.

APBD Lutra mengerjakan dari Lambiri ke Eno, Ibu Kota Kecamatan Seko. Paket pekerjaan pembangunan dan peningkatan jalan Ruas Lambiri - Sodangan - Eno senilai Rp 7,7 miliar dengan jenis pekerjaan cuttingan pelebaran badan jalan dan pengerasan badan jalan.





Jalur menuju Seko dulunya merupakan jalan yang sangat berlumpur dan tidak bisa dilalui kendaraan roda 4. Saat itu warga Seko yang hendak menuju Kota Masamba, Ibu Kota Luwu Utara mengandalkan ojek khusus yang dibayar mahal.

Jalur ini sempat menjadi perhatian publik, saat salah seorang warga yang meninggal jenazahnya harus ditandu sepanjang 35 kilometer karena ambulans tidak mampu melintasi jalur tersebut.
(nvl/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com