Sistem 2-1 Diuji Coba di Jalur Puncak Akhir Pekan Ini

Sistem 2-1 Diuji Coba di Jalur Puncak Akhir Pekan Ini

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 03 Des 2019 14:17 WIB
Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri (Sachril Agustin/detikcom)
Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri (Sachril Agustin/detikcom)
Kabupaten Bogor - Sistem 2-1 akan diuji coba di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, akhir pekan ini. Uji coba sistem 2-1 sudah dibahas dengan berbagai instansi terkait.

"Tanggal 7 Desember 2019 akan dilakukan uji coba sistem 2-1. Kita sudah melaksanakan rapat juga kemarin dengan instansi terkait, stakeholder maupun forum lalu lintas yang ada di Kabupaten Bogor," ucap Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri di Polres Bogor, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (3/12/2019).


Fadli mengatakan uji coba sistem 2-1 dimulai dari pukul 12.00 WIB. Sebelumnya, polisi akan memberlakukan sistem satu arah (one way) ke arah Puncak.

"Jadi hari Sabtu itu untuk kendaraan yang naik ke puncak itu lebih padat, lebih banyak, sehingga di pagi hari kita melaksanakan rekayasa lalin, yaitu one way dari bawah ke atas atau dari Jagorawi ke arah puncak," ujar Fadli

Sistem satu arah bakal dilaksanakan pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kemudian, menurut Fadli, sistem 2-1 bakal dimulai pukul 12.00 WIB sampai 16.00 WIB dari Gadog sampai Simpang Taman Safari Indonesia.

"Persiapannya dari pukul 07.00 WIB (one way) karena kita harus dorong ekor dulu dari Puncak Pass ke arah bawah. Jadi dari pukul 07.00 WIB itu dari arah Cianjur sudah kita tutup, di daerah Pangasoan," tuturnya.


Pada uji coba sistem 2-1 ini, sekitar 200 personel gabungan dan 1.000 traffic cone akan dipasang. Setelah pukul 16.00 WIB atau setelah dilaksanakan uji coba sistem 2-1, kata Fadli, Jalan Raya Puncak akan diberlakukan normal kedua arah.

Dia mengatakan, hasil uji coba sistem 2-1 pada Sabtu nanti akan dievaluasi. Fadli belum menjelaskan kapan uji coba bakal digelar lagi.

"Nggak ada uji coba sistem 2-1 di Minggu (8/12)-nya. Kita akan melakukan seperti biasa (one way). Setelah uji coba pada Sabtu nanti, akan ada anev dulu," pungkas Fadli. (haf/haf)