detikNews
2019/12/03 13:52:33 WIB

Menteri PPPA: Saya Mantan Atlet, Uji Keperawanan Sejak Dulu Tak Ada

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menteri PPPA: Saya Mantan Atlet, Uji Keperawanan Sejak Dulu Tak Ada Menteri PPPA I Gusti Bintang (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Atlet senam Shalfa Avrila Siani (17) dipulangkan dari pelatihan, isu awalnya karena dia tidak perawan, namun pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menyatakan pemulangan itu karena faktor indisipliner. Isu tes keperawanan telanjur berembus, Menteri Bintang akan mencari tahu.

"Nah, tapi nanti kita akan cari, dan itupun sudah kita tanyakan kebenarannya kalau terkait dengan uji keperawanan ini datangnya dari mana. Menpora juga belum tahu ini datangnya dari mana," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bernama lengkap I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga itu, di Plaza Senayan Barat, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).



Bintang sendiri tak pernah menemui adanya uji keperawanan di kalangan atlet. Isu ini terdengar sangat aneh di telinga Bintang, karena Bintang juga punya pengalaman sebagai atlet perempuan.

"Saya mantan atlet, saya dua periode adalah pembina atlet pengurus. Uji keperawanan dari sejak zaman dulu kala itu tidak pernah ada," kata Bintang.

Simak Video "Cerita Ibu Atlet Senam yang Dipulangkan Karena Isu Tak Perawan"




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com