detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 11:59 WIB

Pimpinan DPR Kaget Ada Wacana Presiden 3 Periode

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Pimpinan DPR Kaget Ada Wacana Presiden 3 Periode Azis Syamsuddin (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengaku kaget dengan munculnya wacana jabatan presiden tiga periode. Azis mengatakan wacana itu belum menjadi pembahasan di DPR.

"Justru saya sebagai pimpinan DPR kaget dengan wacana yang tiba-tiba timbul ke media. Kita di DPR belum pernah mengagendakan itu, dan tidak pernah menjadikan isu itu untuk wacana presiden periodenya tiga kali. Belum ada menjadi salah satu agenda di DPR ini," kata Azis di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/12/2019).



Azis, yang juga politikus Partai Golkar itu, setuju dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menolak wacana jabatan presiden menjadi tiga periode. Menurut Azis, partainya tidak pernah membicarakan wacana jabatan presiden tiga periode.

"Memang kita tidak menginginkan, kita tidak bicara dua atau tiga periode karena substansi untuk melakukan perubahan UUD itu banyak hal. Bahwa mengenai isu dua periode, tiga periode itu Golkar tidak pernah membicarakan dan tidak ada rencana untuk ke situ," ujar Azis.

"Mendukung (pernyataan Jokowi), kita kan mendukung Bapak Presiden, merupakan partai yang mendukung Bapak Presiden," sambungnya.



Sebelumnya, Presiden Jokowi secara tegas menolak wacana jabatan presiden menjadi tiga periode. Dia merasa ada pihak yang ingin menjerumuskannya.

"Ada yang ngomong presiden dipilih tiga periode, itu ada tiga. Ingin menampar muka saya, ingin cari muka, padahal saya punya muka. Ketiga ingin menjerumuskan. Itu saja, sudah saya sampaikan," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/12).

Simak Video "Tolak Presiden 3 Periode, PKS: Kekuasaan Harus Diawasi"

[Gambas:Video 20detik]


(azr/imk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com