Anak di Makassar Dipaksa Ngemis Ibunya untuk Bayar Arisan

fiq - detikNews
Selasa, 03 Des 2019 10:53 WIB
Foto: Ilustrasi stop pekerja anak (ist)
Foto: Ilustrasi stop pekerja anak (ist)
Makassar - Seorang anak perempuan berumur 9 tahun dipaksa mengemis oleh Ibunya sendiri. Perempuan berinisial R ini dipaksa mengemis untuk membayarkan uang arisan ibunya.

"Korban dipaksa mengemis oleh Ibunya agar ibunya punya uang untuk membayar arisannya," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat P2TP2A , Makmur di kantornya saat ditemui detikcom, Selasa (3/12/2019).



Kasus eksploitasi anak oleh orangtuanya sendiri terungkap setelah adanya video viral yang memperlihatkan R dipaksa untuk mengemis di bawah terowongan mall Panakkukang. Pada video itu, R terlihat dipukul oleh ibunya yang bernama Samina (42).

"Korban didapati di TKP sedang mengemis oleh ibunya dan langsung memanggil karena mau mengambil uang untuk arisan. Ibunya yang datang naik motor lalu kantong anaknya diperiksa, namun sebagian kecil uangnya di pakai belanja oleh korban," terangnya.



Karena sebagian uang telah dibelanjakan anaknya, Samina langsung naik pitam dan memukul bagian kepala korban dengan keras.

"Ibunya marah-marah dan langsung memukul kepala kanan korban sampai akhirnya korban ketakutan dan melarikan diri, hingga korban mengalami trauma, takut dengan ibunya," ungkap Makmur.



Akibat kejadian langsung menjadi viral ini, Polsek Panakukang bekerjasama dengan Tim P2TP2A dan PPA melakukan pencarian.

Korban dan ibunya kemudian didapati tengah berada di rumah kontrakannya dan langsung dipisahkan. Ibunya, Samina dibawa ke Polsek Panakukang dan R dibawa ke safe house P2TP2A untuk mendapatkan perlindungan.

"Korbannya masih kita bawa dan kita berikan pendampingan hingga saat ini," tuturnya. (fiq/rvk)