detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 08:16 WIB

Sederet Prestasi Airlangga, Raih 2.785 Kursi Hingga Menangkan Jokowi

Yakob Arfin - detikNews
Sederet Prestasi Airlangga, Raih 2.785 Kursi Hingga Menangkan Jokowi Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto, Partai Golkar berhasil menorehkan prestasi dalam pemilu 2019 sebagai partai pemenang nomor dua. Dalam kontestasi pemilu pada April lalu, Airlangga berhasil membawa Golkar memperoleh 12,31%.

Di era Airlangga, Golkar di Pileg 2019 mampu meraih 2.785 kursi di DPRD provinsi, kota dan kabupaten. Golkar juga berhasil meraih 85 kursi di DPR.

Tak berhenti di situ, torehan capaian lain yang telah ditunjukkan Partai Golkar adalah keberhasilannya mengusung dan turut membantu kemenangan pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin.


Dalam masa reformasi, ini merupakan kali pertama Partai Golkar berhasil mengusung capres dan cawapres yang menang dalam Pilpres. Dalam waktu singkat, Airlangga telah berhasil mempertahankan suara di Pemilu 2019.

Sebagai pimpinan partai, Airlangga mendorong seluruh kader untuk bertekad dan bekerja keras, termasuk tokoh-tokoh senior partai. Dengan semangat ini Partai Golkar menata diri dan berhasil melewati masa-masa yang sangat sulit.

Kepiawaian Airlangga di panggung politik dan torehan prestasinya bagi Partai Golkar menjadi modal kuat Airlangga untuk mencalonkan diri sebagai calon ketua umum partai berlogo pohon beringin itu.

Pada penghujung tahun 2019 ini, Partai Golkar menggelar Musyawarah Nasional (Munas) untuk menentukan Ketua Umum Golkar periode 2019-2024. Pendaftaran bakal caketum ditutup 2 Desember 2019 di DPP Partai Golkar.

Airlangga Hartarto adalah satu dari sembilan kader yang maju dalam kontestasi pemilihan pucuk pimpinan Golkar tersebut. Airlangga pun turut berkomentar soal syarat dukungan pengajuan calon Ketum

"Nah, pencalonan itu salah satu persyaratan didukung 30 persen suara. Nah, sesudah itu baru pemilihan, kalau aspirasinya dalam pemilihan atau dalam pengusulan itu 50+1, maka itu tentu ada mekanisme sendiri yang diatur dalam AD/ART," tuturnya.


Airlangga pun menyatakan optimistis menghadapi Munas Golkar.

"Insyaallah dukungan sudah cukup, ya sampaikan teman-teman itu sudah mungkin 90 persen," kata Airlangga.

Munas Partai Golkar akan berlangsung pada 3-5 Desember 2019 di Hotel Ritz-Carlton Jakarta dan dapat disaksikan streaming pada 3 Desember 2019 mulai pukul 19.00 WIB di detikcom.

Rangkaian acara munas dimulai pada pukul 11.00 WIB dengan pendaftaran peserta, opening act, laporan ketua penyelenggara, pidato ketum, pidato presiden, hingga seremoni pembukaan munas.

Simak Video "Sekjen Golkar: Airlangga Hartarto Didukung Luhut Binsar Hingga Jusuf Kalla"

[Gambas:Video 20detik]


(ega/ega)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com