detikNews
2019/12/03 08:15:54 WIB

Para Pesohor Hukum di Bursa Hakim Konstitusi

Andi Saputra - detikNews
Halaman 2 dari 2
Para Pesohor Hukum di Bursa Hakim Konstitusi Foto: Widodo Ekatjahjana (Foto: Ari Saputra/detikcom)

3. Suparman Marzuki
Suparman saat ini aktif mengajar di Fakultas Hukum UII Yogyakarta. Suparman juga dipercaya menjadi komisioner KY 2005-2015.

Saat di KY, duet Suparman Marzuki cukup membuat repot dunia kehakiman. Permainan bidak caturnya cukup membuat kekurangan lembaga peradilan terbuka satu per satu. Seperti pembajakan putusan oleh hakim agung Achmad Yamanie hingga berujung pemecatan Yamanie. Terungkap pula makan malam terlarang hakim agung Timur Manurung dengan pengacara.
Para Pesohor Hukum di Bursa Hakim KonstitusiFoto: Grandyos Zafna Manesa Mesah

Salah satu yang menonjol lainnya adalah didapati oknum hakim yang tidak menjaga moralitas karena kerap berselingkuh.

4. Umbu Rauta
Sehari-hari, Umbu mengajar di Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Gelar doktor ilmu hukumnya diraih dari Universitas Diponegoro pada 2015 dengan desertasi berjudul 'Rekonstruksi Sistem Pengujian Perda Sesuai UUD 1945'.

Pada awal 2019 ia juga mengikuti fit and proper test hakim konstitusi lewat jalur DPR. Namun namanya tersingkir kalah oleh inkumben Aswanto dan Wahidudin Adams.

5. Daniel Yusmic
Daniel meraih gelar doktor hukum dari Fakultas Hukum UI. Judul disertasinya 'Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu): Suatu Kajian Dari Perspektif HTN Normal dan HTN Darurat'. Sehari-hari ia kini menjadi dosen Fakultas Hukum UNIKA Atma Jaya Jakarta.

6. Prof I Made Arya Utama
Saat ini ia menjadi Dekan Fakultas Hukum Unud, Bali. Utama merupakan guru besar di bidang hukum lingkungan.
(asp/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com