detikNews
2019/12/03 03:00:04 WIB

Evakuasi Sarang Tawon Vespa Malam Hari, Ini Alasan Damkar Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Halaman 2 dari 2
Evakuasi Sarang Tawon Vespa Malam Hari, Ini Alasan Damkar Sukabumi Petugas Damkar Kabupaten Sukabumi mengevakuasi sarang tawon vespa di Desa Tenjoayu. (Syahdan Alamsyah/detikcom)


Ace mengaku tidak ada kesulitan saat proses evakuasi. Tapi, karena ukuran sarang tawonnya cukup besar, proses evakuasi menjadi terhambat. Ia juga memastikan seluruh tim yang terlibat tidak terluka karena sengatan.

"Ini jenis tawon vespa memang berbahaya. Kena satu sengatan saja bisa sampai panas dingin. Banyak informasi di beberapa daerah, tawon jenis ini memang membahayakan. Makanya kita evakuasi sarangnya agar tidak membahayakan warga di sekitar tempat ini. Rencananya, sarang kita bawa dulu ke kantor sebagai bentuk laporan," ujarnya.



Warga setempat, A Cahyadi, mengaku resah atas keberadaan sarang tawon tersebut. Sebab, ada beberapa warga yang pernah tersengat.

"Ada yang katanya kena sengatan satu ekor hewan itu, cuma kurang tahu juga. Makanya alhamdulillah malam ini ada dari tim damkar, kepolisian, dan TNI yang turun langsung. Karena ngeri juga ada sarang tawon vespa berada di permukiman warga seperti ini," tuturnya.



Ia menduga tawon itu sudah membuat sarang selama beberapa bulan ini, namun baru diketahui setelah ukurannya membesar. Tawon itu bersarang di rumah warga yang tadinya tidak berpenghuni.

"Tadinya rumah ini kosong, mungkin baru ketahuan ada (sarang) setelah ukurannya membesar dan warga khawatir, terlebih sudah makan korban. Makanya saya laporan ke Damkar," ucapnya.
(zak/zak)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com