Pemkab Bogor Akan Tutup Lagi 4 Perusahaan Pencemar Sungai Cileungsi

Pemkab Bogor Akan Tutup Lagi 4 Perusahaan Pencemar Sungai Cileungsi

Sachril Agustin - detikNews
Senin, 02 Des 2019 21:09 WIB
Sungai Cileungsi tercemar (Sachril Agustin/detikcom)
Sungai Cileungsi tercemar (Sachril Agustin/detikcom)
Kabupaten Bogor - Sungai Cileungsi di Kabupaten Bogor tercemar parah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan kembali menutup empat perusahaan yang masih bandel melakukan pencemaran sungai.

"Kita masih melakukan pengawasan dan penutupan saluran ilegal. Minggu ini rencana akan ke empat lokasi," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan DLH Kabupaten Bogor Endah Nurmayati, ketika dihubungi, Senin (2/12/2019).

Dia mengatakan dibutuhkan waktu yang lama untuk merevitalisasi Sungai Cileungsi. Saat ini masih terjadi tindakan pencemaran sungai.


"Selain masalah pencemaran dari kegiatan usaha, kegiatan UKM, rumah potong hewan, domestik, runoff (limpasan) yang tinggi, masalah debit air (koefisien rezim sungai) yang buruk, harus dibenahi," kata dia.

Dia menambahkan, penanganan Sungai Cileungsi butuh keseriusan dari semua pihak. Sebab, lanjutnya, kewenangan pembersihan Sungai Cileungsi berbeda-beda di tiap instansi.

Pemkab Bogor akan menutup lagi 4 perusahaan pencemar sungaiPemkab Bogor akan menutup lagi 4 perusahaan pencemar sungai (Sachril Agustin Berutu/detikcom)

Endah menjelaskan, penanganan fisik sungai ada di ranah Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kementerian PUPR. Sementara instalasi komunal domestik, ada di ranah Dinas PUPR Kabupaten Bogor.

Selanjutnya
Halaman
1 2