Soal Provinsi Baru di Papua, Jokowi: Masih Moratorium

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 02 Des 2019 14:57 WIB
Presiden Joko Widodo (Foto: Rengga Sancaya-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan masih melakukan moratorium pemekaran daerah, termasuk di Pulau Papua. Namun, Jokowi mempersilakan jika ada masukan-masukan yang diberikan.

"Sampai saat ini, urusan pemekaran itu masih moratorium, tapi kalau ada aspirasi-aspirasi dari bawah, misal dari Provinsi Papua, baik Papua Selatan, Papua Tengah, saya kira silakan. Namanya aspirasi dari bawah," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).



Jokowi mengatakan pemekaran provinsi baru di Papua merupakan aspirasi masyarakat. Jokowi menuturkan dirinya tidak memerintahkan atau menawarkan pemekaran.

"Tapi sekali lagi, sampai saat ini kita masih moratorium. Dari Mendagri, aspirasi itu sudah disampaikan ke Mendagri, tapi tentu ada kajian-kajian, perhitungan dalam rangka perbaikan bersama, perbaikan Papua," tuturnya.



Masalah pemekaran di Papua sempat dibahas antara pemerintah dengan DPR. Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan belum ada keputusan terkait pemekaran untuk Provinsi Papua Tengah. Doli menyebut Komisi II hanya menerima masukan dari para bupati di wilayah Papua itu.

"Belum (ada kesimpulan), kan kami cuma rapat dengar pendapat umum. Jadi kami menerima masukan," kata Doli di gedung DPR, Rabu (20/11).

Simak Video "Akan Terbang ke Papua, Mahfud Md Bakal Gelar Dialog dengan Warga"

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/haf)