Ikuti Konferensi Perubahan Iklim di Madrid, Cak Imin Bawa Isu Reduksi Emisi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 02 Des 2019 14:30 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), menghadiri UN Climate Change Conference COP 25 di Madrid, Spanyol. Dalam forum itu, Cak Imin akan membawa isu-isu seperti reduksi emisi dan perubahan iklim.

"Kita akan mendorong aksi nyata Pemerintah Indonesia yang lebih konkret dalam kancah global terhadap isu-isu reduksi emisi dan perubahan iklim," kata Cak Imin kepada wartawan, Senin (2/12/2019).

UN Climate Change Conference COP25 yang digelar hari ini itu merupakan forum penting dan strategis karena dihadiri berbagai kalangan, baik kalangan menteri, legislatif, akademisi, NGO, korporasi, dan media dari 197 negara.


Berbagai presentasi, diskusi panel serta 'negotiation session' akan dilakukan selama konferensi yang berlangsung dari tanggal 2-13 Desember 2019. Cak Imin akan hadir bersama Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Alue Dohong dan stakeholder lain sebagai delegasi RI.

Selain menghadiri UN Climate Change pada hari ini, Cak Imin juga dijadwalkan membuka Pavilion Indonesia di COP 25 pada Kamis (4/12) mendatang. Cak Imin akan menjadi keynote speaker pada forum tersebut dengan materi 'Collaborative Climate Action ; Legislative and Executive Continuous Supports'.


Sebagai informasi, untuk konferensi perubahan iklim yang digelar di Madrid ini, delegasi Indonesia akan dipimpin Wamen LHK Alue Dohong. Konferensi perubahan iklim yang mengangkat tema 'Time for Action' tersebut diselenggarakan di IFEMA de Madrid, Spanyol pada tanggal 2-13 Desember 2019.

Konferensi ini akan diikuti oleh 196 negara, termasuk NGO dan para aktivis lingkungan dari pelbagai belahan dunia. Ada sejumlah agenda penting yang akan disampaikan oleh partisipan dalam konferensi kali ini. Salah satunya rencana ambisi terkait mengurangi pemanasan global hingga 1,5 derajat celcius yang akan dibahas dalam Paris Agreement 2020.

Simak Video "Gol Spektakuler Dybala Tundukkan Atletico Madrid"

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(mae/jbr)