Nasihat BPIP untuk Billy Mambrasar yang Tersandung #StafsusRasaBuzzeRp

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 01 Des 2019 16:40 WIB
Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Antonius Benny Susetyo (Pool)


Terkait penerapan ideologi Pancasila sesuai dengan kondisi kekinian anak-anak muda, BPIP mengajak para stafsus milenial itu untuk bekerja sama. BPIP sudah memikirkan implementasi Pancasila sejak Badan ini masih sebagai Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP).

"BPIP siap bersinergi dengan Staf Khusus tentang masukan untuk program milenialnya," kata Benny.


Dia menjelaskan, upaya-upaya yang sudah dilakukan BPIP untuk membumikan Pancasila ke anak-anak muda masa kini. BPIP menyelenggarakan penghargaan berupa 72 ikon prestasi Indonesia pada 2018, dilanjutkan dengan 74 ikon prestasi Indonesia pada 2019. Ikon-ikon tersebut adalah anak bangsa yang berprestasi dalam bidang intelektual, budaya, hingga sains. Akan diadakan pula Kemah Pancasila Pelajar Indonesia pada 13-15 Desember nanti di Tebing Breksi, Prambanan, Sleman, DIY.

"Kami juga membumikan Pancasila lewat menyapa kampung yang mengubah kehidupan sosial ekonomi, pembumian Pancasila ke generasi milenial lewat gerakan anak milenial, merangkul BUMN dan pengusaha untuk mengaktualisasikan sila kelima, dan memberi arah kebijakan pembumian Pancasila berupa buku Garis Besar Haluan Ideologi Pancasila (GBHIP)," tutur Benny.


Benny membantah anggapan bahwa tugas BPIP telah diambil alih oleh para stafsus milenial Jokowi, yang Billy ada di dalamnya. BPIP justru terbuka bila para stafsus bekerja sama dengan BPIP untuk mengurusi ideologi negara ini.

"Intinya dalam mengarusutamakan Pancasila, butuh sinergi. Ini karena ideologi Pancasila bisa diwujudkan dalam kebijakan dengan mewujudkan kesejahteraan lewat gotong royong," tutur Benny.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3