Mensos Juliari: Korban Gempa Maluku Masih Trauma

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Minggu, 01 Des 2019 10:42 WIB
Juliari Batubara (Rahel/detikcom)
Juliari Batubara (Rahel/detikcom)
Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara mengatakan korban gempa di Maluku masih dalam keadaan trauma. Dia pun sudah mengunjungi kawasan Maluku Tengah dan memberikan bantuan kepada para korban.

"Saya dua hari lalu, baru dua hari lalu ke Maluku Tengah. Ya kita kasih bantuan-bantuan terus. Cuma situasinya itu kan sekarang masih transisi darurat. Kalau transisi darurat itu kita belum bisa kasih bantuan yang sifatnya, misalnya ada yg meninggal, santunan ahli waris atau jaminan hidup," kata Juliari, di CFD area Pintu 7 GBK, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (1/12/2019).


Dalam kunjungannya di Maluku, Juliari memberikan bantuan sembako sekitar Rp 2 miliar. Dia mengatakan setelah keadaan di sana melewati masa transisi darurat, bantuan akan diberikan santunan ahli waris atau santunan jaminan hidup.

"Cuma situasinya itu kan sekarang masih transisi darurat. Kalau transisi darurat itu kita belum bisa kasih bantuan yang sifatnya, misalnya ada yang meninggal, santunan ahli waris atau jaminan hidup. Nanti setelah transisi darurat selesai dan pemulihan, nanti baru bisa kita kasih. Tapi sekarang sih kita, kemarin sih saya kasih sembako hampir Rp 2 miliar di sana," jelas Juliari.


Juliari mengatakan warga di Maluku masih dalam kondisi trauma akibat gempa. Dia juga mengatakan gempa di sana sudah tidak terlalu besar lagi.

"Mereka masih takut-takut, tapi ya sebenarnya gempa-gempanya sudah nggak terlalu besar lagi. Cuma mereka masih trauma aja," ujar Juliari.

Selanjutnya
Halaman
1 2