Kemensos Undang Komika Disabilitas Manggung di Kawasan CFD Jakarta

Nurcholis Maarif - detikNews
Minggu, 01 Des 2019 10:31 WIB
Foto: Nurcholis Maarif/detikcom
Jakarta - Komika Dani Aditya mengisi stand up comedy di acara jalan sehat yang digelar Kementerian Sosial (Kemensos) dalam rangkaian Hari Disabilitas Internasional. Ia adalah komika disabilitas yang diundang untuk meramaikan acara yang digelar di FX Sudirman, Jakarta, tersebut.

Dani membawakan materi stand up dengan mengambil kisah pribadinya. Ia mengaku bersyukur walaupun dengan keterbatasan bisa memiliki istri yang normal.

"Alhamdulillah sekarang saya sudah punya istri. Istri saya dipandang orang itu normal. Orang tanya saya ke saya, kok bisa sih punya istri normal?" ucap Dani di panggung di depan Pintu 7 GBK pada Minggu (1/12/2019).


"Saya jawab, lho orientasi saya kan normal, orientasi istri saya yang nggak normal," imbuh Dani berkelakar, yang disambut tawa peserta jalan sehat.

Lawakannya yang lain soal stigma disabilitas akan kesulitan mendapatkan jodoh. Misalnya, jika kedua pasangan merupakan penyandang disabilitas dengan kursi roda, maka akan kesulitan saat prosesi pernikahan. Contohnya ketika prosesi injak telur. Pun demikian saat malam pertama pernikahan.

"Malam pertama pun susah. Mungkin istri saya ngomong ke saya, yang, tolong bukain baju dong, loh saya juga susah. Nanti saja tunggu yang lewat," kelakar Dani.

"Yang jelas, kalau istri saya sama kayak saya, malam pertama nggak ngapa-ngapain, yang kita lakukan mungkin foto-foto terus di-upload di situs kitabisa.com," imbuhnya.


Istri Dani, Dian Destiwijaya, yang hadir di lokasi, diundang naik panggung. Ia bercerita tentang kehidupan sehari-hari bersama Dani. Kedua pasangan tersebut diketahui sudah memiliki anak dan tinggal di apartemen. Ia pun kerap mendapatkan curhatan dari teman-teman penyandang disabilitas.

"Sering dapat curhatan teman difabel kesulitan mendapat cintanya. Jadi kami di sini pengin memberikan pesan open minded lah buat difabel. Karena Tuhan tidak pernah memberikan cacat untuk cinta," pungkasnya.

Hadir pula dalam acara jalan sehat tersebut Menteri Sosial Juliari P Batubara, pejabat eselon I Kemensos, berbagai LSM, dan masyarakat umum.


Simak Video "Peringati Hari Disabilitas, Mensos Ingin Masyarakat Sadar Kesetaraan"

[Gambas:Video 20detik]

(prf/ega)