detikNews
Minggu 01 Desember 2019, 10:09 WIB

Mensos Juliari Minta Kuota CPNS untuk Penyandang Disabilitas Ditambah

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Mensos Juliari Minta Kuota CPNS untuk Penyandang Disabilitas Ditambah Menteri Sosial (mensos) Juliari Batubara. (Foto: Rahel Narda/detikcom)
Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) mengadakan rangkaian acara Hari Disbilitas Internasional 2019. Menteri Sosial (mensos) Juliari Batubara berharap kementeriannya dapat merekrut CPNS di atas kuota dua persen.

"Bahkan di Kemensos itu ada pejabat eselon II kami itu yang disabilitas, dan kinerjanya luar biasa bagus, dan kita sangat mendukung. Dan bahkan saya sampaikan ke teman-teman di Kemensos, kalau bisa kita hire di atas 2 persen," kata Juliari di CFD area Pintu 7 GBK, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (1/12/2019).

Dengan adanya peningkatan kuota penyandang disabilitas di Kemensos, Juliari berharap bisa menjadi contoh bagi kementerian dan lembaga lain. Dia pun menginginkan Kemensos bisa merekrut lebih dari kuota 2 persen.

"Biar Kemensos menjadi contoh buat kementerian lembaga yang lain walaupun kuotanya dua persen, saya minta agar kalau bisa lebih dari dua persen yang kita rekrut untuk sebagai PNS," ujar Juliari.



Selain itu, Juliari juga mengatakan salah satu tantangan terbesar dalam melakukan pemberdayaan penyandang disabilitas adalah di bidang fasilitas umum. Menurutnya dengan adanya fasilitas umum yang mendukung, penyandang disabilitas akan merasa dihargai.

"Saya kira mulai sekarang harus seluruh fasilitas-fasilitas publik khususnya, tidak hanya fasilitas publik, kantor-kantor ya itu memberikan kemudahan bagi teman-teman disabilitas minimal untuk bergerak gitu ya, bermanuver, sehingga teman-teman disabilitas ini mereka juga merasa dihargai dan diberikan tempat seperti layaknya orang normal," jelas Juliari.

Sebelumnya diketahui bahwa Kementerian Sosial mengadakan acara Gerak Jalan Sehat sebagai rangkaian dari Hari Disabilitas Internasional 2019. Tujuannya adalah untuk kembali memberikan kesadaran bahwa masih banyak penyandang disabilitas yang harus diperlakukan dengan setara.



"Ini kembali lagi untuk meningkatkan awareness bahwa masih banyak saudara-saudara kita disabilitas yang membutuhkan juga memang perlakuan yang setara lah atau minimal lebih baik di kehidupan mereka sehari-hari. Dan tentunya Kemensos bertanggung jawab untuk membuat kehidupan mereka juga lebih baik lagi setiap harinya," ucap Juliari.


Simak Video "Ombudsman Minta Sistem Rekrutmen CPNS Disabilitas Diperbaiki"

[Gambas:Video 20detik]


(idn/idn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com