Wow! Pengemis Tajir Bawa Duit Rp 194 Juta Diamankan di Jaksel

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 20:42 WIB
Istimewa (Foto: Sudin Sosial Jakarta Selatan)

Setelah diperiksa, sebut Irmansyah, pengemis tersebut memang berencana mengumpulkan uang Rp 200 juta dan dibawa ke kampungnya. Menurutnya, pada 2017, pihaknya juga mengamankan pengemis tersebut.

"Pakai buat apa (uangnya) belum tahu. Yang pasti, dia pengemis itu. Dulu sudah pernah juga dia kena jangkauan sama kita tahun 2017. Waktu itu dia juga nilai besar, sampai Rp 90 juta," ujarnya.
Irmansyah menjelaskan pengemis yang tertangkap biasanya akan diserahkan ke panti sosial untuk diberi pembinaan. Sejauh ini sudah ada 279 titik di DKI Jakarta yang dipantau oleh 429 petugas dinsos. Namun, menurutnya, fenomena pengemis tajir ini terus berulang karena masyarakat juga masih memberi uang kepada para pengemis.

"Ini karena masyarakat ngasih kan, bukan nggak boleh, tapi memang kalau masyarakat mau membantu dan sebagainya, sebaiknya ke lembaga yang sudah kita percaya daripada ke individu itu, maka dia jadi banyak. Kalau nggak ada yang ngasih, mereka ngapain juga ke situ. Kita imbau ke masyarakat, ayolah, jangan memberi di lampu merah, atau memberi ke pengemis. Beri saja ke lembaga-lembaga sosial," ungkapnya.

Halaman

(maa/jbr)