detikNews
Jumat 29 November 2019, 16:00 WIB

Menteri LHK soal Karhutla: Sumsel Ada 30 Hotspot, Riau-Kalteng Sudah Tak Ada

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Menteri LHK soal Karhutla: Sumsel Ada 30 Hotspot, Riau-Kalteng Sudah Tak Ada Foto: Menteri LHK Siti Nurbaya. (Andhika-detikcom)
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyebut darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sudah berakhir di Riau dan Kalimantan Tengah. Namun sejumlah hotspot atau titik api masih tampak di Sumatera Selatan (Sumsel).

"Sudah, tinggal sedikit di Sumatera Selatan. Tapi sudah disertai hujan dan banjir. Jadi kelihatannya kondisi siaga daruratnya sudah akan berakhir, karena sudah masuk Desember," ujar Siti di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).



Siti menerangkan bahwa masih tersisa sekitar 30 titik api di wilayah Sumatera Selatan. Siti menyebut jumlah titik api di Sumsel pada saat karhutla mencapai seribu lebih.

"Kalau di Sumatera Selatan jumlah hotspot tinggal 30-an. Kalau yang biasanya kan sampai 1.100, 800 paling sedikit. Jadi ya kalau sudah menurun, memang menurun. Kan di beberapa daerah juga sudah kedengaran ada banjir sekarang," ujarnya.



Sementara di Riau dan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Siti mengatakan, sudah tidak ada lagi titik api. Namun di Kalimantan Timur masih terdapat satu atau dua titik api.

"Riau sudah lama tidak, mungkin sudah tiga minggu sampai sebulan nol-nol terus. Kalimantan Tengah minggu lalu sudah selesai, nol-nol. Kaltim masih ada naik sedikit satu atau dua. Sumatera Selatan masih. Kayaknya yang lebih banyak dari yang lain. Kita ikutin terus," pungkas Siti.


Simak Video "Sambangi Kantor Mahfud, Menteri Siti Lapor Progres Penanganan Karhutla"

[Gambas:Video 20detik]


(lir/mae)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com