Mahfud Akan Gelar Rakor Bahas Laporan KLHK soal Karhutla 2014-2019

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 15:30 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar melaporkan masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kepada Menko Polhukam Mahfud Md. Merespons laporan tersebut, Mahfud berencana menggelar rapat koordinasi terkait pengendalian karhutla.

"Tadi saya lapor bapak tentang situasi kebakaran hutan dan lahan secara keseluruhan sejak 2015, 2016, 2017, 2018 itu dinamikanya kan keliatan ya progresnya keliatan dan saya melaporkan juga tentang posisi Inpres kebakaran hutan, peningkatan pengendalian Karhutla Inpres 11/2015 di mana posisinya Pak Menko Polhukam dan Menko Perekonomian. Saya juga melaporkan tentang hal dan kebaruan selama periode 2015-2019 dan juga beberapa kelemahannya," ujar Siti usai menemui Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2018).



Siti mengatakan beberapa waktu yang lalu dia bertemu dengan beberapa gubernur terdampak Karhutla di Kalimantan dan Sumatera. Menurutnya, pencegahan karhutla harus dimulai dari desa.

"Saya juga melaporkan karena sudah bertemu dengan beberapa gubernur, terutama di Kalimantan, dan ada beberapa ide yang baik dari daerah. Misalnya kalau kebakaran hutan itu kita aja di desa ada kaitannya dengan klasifikasi desa misalnya. Kalau desa mandiri harusnya mudah dan selamat," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2