Sempat Tak Suka FPI, Menag: Sekarang Saya yang Dukung SKT Diperpanjang

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 18:39 WIB
Menag bicara di Dialog Tokoh Pimpinan Ormas Islam tingkat Nasional, di Hotel Aryaduta (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan dirinya adalah orang pertama yang mendukung agar masa berlaku surat keterangan terdaftar (SKT) Front Pembela Islam (FPI) diperpanjang. Fachrul mengatakan FPI menjadi salah satu bahasan ketika dirinya bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud Md.

"Tadi ngomong FPI saya mengatakan bahwa saya yang pertama mendorong FPI untuk bisa diberikan izin lagi, meskipun sebagian orang belum setuju," ujar Fachrul saat memberi sambutan di acara Dialog Tokoh Pimpinan Ormas Islam tingkat Nasional, di Hotel Aryaduta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).

Fachrul menceritakan dirinya sempat tidak menyukai FPI. Alasannya, kata Fachrul, FPI melanggar hukum dan tidak patuh terhadap Pancasila.


"Bagaimanapun waktu itu saya tidak suka dengan FPI karena dua hal: satu, dia masih sering, ngungkit-ngungkit Pancasila; kedua, sering melanggar hukum,," ujarnya.

Meski begitu, jelas Fachrul, kondisinya saat ini sudah berbeda. FPI kini menurutnya sudah berkomitmen tidak melanggar hukum dan setia kepada NKRI.

"Tapi sekarang mereka sudah secara resmi membuat komitmen di atas meterai bahwa kami tidak akan meragukan Pancasila dan kami setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan kedua tidak akan melanggar hukum lagi. Saya kira semestinya dapat kita rekomendasi untuk bersama-sama kita lagi," tuturnya.



Simak Video "SKT Belum Keluar, FPI: Pendirian Ormas Tak Perlu Izin"

Selanjutnya
Halaman
1 2