Temukan Masalah Sistem Zonasi, LAN Dorong Perpres PPDB-Pelibatan Swasta

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 18:07 WIB
Foto: Peneliti Ahli Pertama Pusat Kajian Kebijakan LAN Fachrizal (Jefrie Nandy-detikcom)
Foto: Peneliti Ahli Pertama Pusat Kajian Kebijakan LAN Fachrizal (Jefrie Nandy-detikcom)
Jakarta - Lembaga Administrasi Negara (LAN) menyebut ada masalah terkait sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan sistem zonasi. LAN mendorong agar ada peraturan presiden (Perpres) soal PPDB hingga pelibatan sekolah swasta.

Peneliti Ahli Pertama Pusat Kajian Kebijakan LAN, Fachrizal, menjelaskan kajian tersebut dilakukan di tiga provinsi dengan laporan terbanyak terkait masalah sistem zonasi, yaitu Riau, Jawa Barat dan Jawa Timur. Facrizal mengatakan kajian ini bertujuan untuk meminimalisir penerapan sistem PPDB yang diskriminatif.

"Permasalahannya sendiri misal seperti kurang meratanya sekolah negeri. Ini ada beberapa daerah yang sekolah negerinya ternyata tidak banyak sekolah negerinya. Ada juga di beberapa daerah yang sekolah negerinya malah tidak memiliki sekolah negeri sama sekali," kata Peneliti Ahli Pertama Pusat Kajian Kebijakan LAN Fachrizal di kantor LAN, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).



Permasalahan kedua adalah kerap berubahnya aturan soal PPDB. Menurutnya, selama 2017-2019 perubahan aturan soal PPDB kerap terjadi jelang masa penerimaan murid baru.

"Kedua, mengenai permasalahan di bidang kebijakan. Kebijakan PPDB ini seringkali berubah, dari tahun 2017 sampai tahun 2019 itu beberapa kali sudah dilakukan perubahan dan biasanya mendekati dengan pelaksanaan dari PPDB itu sendiri," ujarnya.

Berdasarkan hasil penelitian ini, LAN memberi sejumlah rekomendasi. Rekomendasi pertama adalah perbaikan kebijakan yang harus sinkron antara kebijakan Kementerian hingga pemerintah daerah.

"Yang kedua, mengoptimalkan memanfaatkan teknologi informasi dalam membangun sinergi," ucapnya.


Sistem Video "Tak Lulus Sistem Zonasi, Para Siswa Demo di Balaikota Makassar"

Selanjutnya
Halaman
1 2